Searching...

Popular Posts

Friday, May 31, 2013

Kabir

11:56 AM


Dia adalah seorang Penenun yang lahir di banan, India utara.  Meskipun lahir sebagai Muslim, dia telah memadukan mistisisme kaum sufi dengan semangat para bhakta (para pemuja yang menggunakan ibadah pribadi sebagai jalan menuju Tuhan).  Kabir menulis dalam bahasa Hindi untuk orang awam dan masih mereka puja-puja terutama melalui lagu-lagu.

Kabir adalah seorang penyair besar India yang sepenuhnya berbakti pada sang Pencipta. Ia adalah seorang suci yang tidak hanya berikhtiar hidup dalam Kebenaran, ia menulis tentang hal itu lewat syair ilahi-nya. Enam ratus tahun yang lalu Kabir dilahirkan di India pada tahun 1398 M. Ia hidup selama 120 tahun. Berprofesi sebagai penganyam, Kabir dianggap sebagai salah satu penyair terbesar di dunia dan salah satu dari pengarang yang paling sering dikutip. Guru Suci Granth Sahib berisi lebih dari 500 syair Kabir. Pesan Kabir bersifat universal. Mungkin itulah sebabnya banyak orang tetap memuja Kabir sebagai orang suci, baik orang Sikh, Hindu, Muslim, ataupun pencari spiritual modern. Diyakini bahwa Kabir dibesarkan dalam keyakinan Islam oleh para penganyam Muslim. 
Sebuah nama yang umum dalam dunia Islam, Kabir atau al-Kabir, yang berarti ‘Yang Agung’. Itu juga adalah salah satu nama yang diberikan Tuhan dalam Al-Quran. Terbukti dalam filsafat Kabir adanya perpaduan antara pemikiran Hindu dan Muslim. Ia mengatakan dirinya “sekaligus merupakan anak dari Allah dan dari Ram”.

0 comments:

Post a Comment